MAKALAH IPTEKS
“Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni”
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kita tentu sudah sering mendengar
kata Ilmu Pengetahuan,Teknologi dan Seni
atau yang sering disingkat dengan IPTEKS. IPTEKS merupakan tiga unsur utama
kemajuan peradaban manusia yang sangat penting karena melalui kemajuan
IPTEKS,manusia dapat mendayagunakan kekayaan dan lingkungan alam ciptaan Tuhan
Yang Maha Esa untuk menunjang kesejahteraan dan meningkatkan kualitas
kehidupannya.
Ilmu pengetahuan dikembangkan dengan
tujuan untuk mengetahui keberadaan beragam dunia,Teknologi ddikembangkan dengan
tujuan untuk mengelola keberadaan beragam dunia dan Seni dikembangkan dengan
tujuan untuk mengapresiasi (penghargaan terhadap sesuatu) keberadaan beragam
dunia.Perkembangan ilmu pengetahuan,Teknologi dan Seni juga mendorong terjadinya
era globalisasi kehidupan manusia karena manusia semakin mampu mengatasi
dimensi jarak dan waktu dalam kehidupannya.. Namun di balik itu semua manusia
menjadi malas melakukan semua aktivitasnya oleh karena semua kemudahan yang
ada. Selain itu juga, sebagian besar manusia diberbagai belahan dunia belum
mencicipi manfaat dari IPTEK tersebut. Sungguh sangat disayangkan sekali dimana
sebagian orang sudah mendapatkan kebutuhannya dengan cepat sementara yang
lainnya harus bersusah payah untuk mendapatkannya. Untuk itu sebagai mahasiswa
kita perlu mengetahui lebih dalam tentang IPTEK agar kita bisa memanfaatkan
untuk seluruh umat manusia.
B. Rumusan Masalah
1) Apakah konsep dari pengetahuan dan ilmu?
2) Jelaskan pengetahuan tentang non ilmiah!
3) Apakah yang dimaksud dengan pengetahuan ilmiah?
4) Apakah hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi?
5) Bagaimana cara menerapkan ilmu pengetahuan ke dalam teknologi?
6) Apakah yang dimaksud dengan teknologi?
7) Bagaimanakah perkembangan teknologi?
8) Apakah dampak positif dan dampak negatif dari teknologi?
9) Jelaskan pengertian seni beserta fungsinya!
C. Tujuan
Penulisan
a) Untuk mengetahui konsep dari pengetahuan dan ilmu
b) Untuk mengetahui pengetahuan tentang non ilmiah dan pengetahuan ilmiah
c) Menjelaskan hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi
d) Menjelaskan cara menerapkan ilmu pengetahuan ke dalam teknologi
e) Menjelaskan pengertian teknologi dan perkembangan teknologi
f) Menjelaskan dampak positif dan negatif dari teknologi
g) Menjelaskan pengertian seni beserta fungsi seni
BAB II
PEMBAHASAN
1.Konsep Pengetahuan dan Ilmu
Pada
hakekatnya pengetahuan atau knowledge merupakan segenap apa yang kita ketahui
tentang sesuatu obyek tertentu termasuk ke dalamnya adalah ilmu,sehingga ilmu
merupakan bagian dari pengetahuan yang diketahui oleh manusia.Bahkan seorang
anak kecil pun telah mempunyai berbagai pengetahuan sesuai dengan tahap
pertumbuhan dan tingkat kecerdasan otaknya.Seandainya seseorang berkata kepada
kita bahwa dia tahu bagaimana caranya bermain gitar,maka seorang yangmungkin
bertanya,apakah pengetahuan anda itu merupakan ilmu? Tentu saja dengan dia
dapat menjawab bahwa pengetahuan bermain gitar itu bukanlah ilmu,melainkan
berkaitan dengan seni yang ada kaitannya
dengan aspek psiko motorik dalam diri manusia.
Pengetahuan
merupakan khasanah kekayaan mental yang secara langsung atau tidak langsung
turut memperkaya kehidupan kita.Sukar untuk dibayangkan bagaimana kehidupan
manusia jika seandainya pengetahuan itu tidak ada oleh karena pengetahuan
merupakan sumber jawaban bagi berbagai
jawaban yang muncul dalam kehidupan.
Sebagai
makhluk individu,manusia terdiri atas substansi bathin yang menginspirasi
spirit dan mental,sedangkan substansi zahir akan berkaitan dengan insani dan
ragawi.Keempat substansi tersebut akan melahirkan aspek
transenden,idealita,sosialita dan populasi yang merupakan pembentuk tatanan
suprastruktur dan inprastruktur dalam khasanah kolektivita dalam
lingkungannya.Karenanya pola pikir yang akan dikembangkan sedapat mungkin
melihat keterkaitan harmonisasi manusia sebagai makhluk individu sekaligus
sebagai makhluk yang bermasyarkat dalam lingkungan yang lebih luas dan lebih
besar.
Manusia
memiliki kemampuan memikirkan hal-hal
baru atau menjelajah ufuk baru,karena manusia hidup bukan hanya sekedar untuk
kelangsungan hidupnya namun lebih dari itu.Manusia itu dalam hidupnya mempunyai
tujuan tertentu yang sangat mulia dan lebih tinggi dari sekedar kelangsungan
hidupnya.Inilah yang menyebabkan selalu
berusaha mengembangkan pengetahuannya yang selanjutnya akan mendorong manusia
untuk menjadi makhluk yang bersifat khas di muka bumi ini.Walaupun demikian
manusia tetap memiliki keterbatasan dalam memahami sepenuhnya tentang
sifat-sifat fenomena alam.Terkadang pula manusia saat merasa mampu mengontrol
alam tiba-tiba segera disambut dengan bencana alam yang tidak terduga.Oleh
karenanya diperlukan sikap yang tawadhu dengan penuh keikhlasan dalam mengeloa
potensi diri untuk mengembagkan ilmu dan pengetahuan dan ini mutlak
diperlukan.Artinya pengetahuan yang dikembangkan harus bersinergi dengan tata
nilai yang berlaku dan akan kita kembangkan dan sedapat mungkin tidak
bertentangan dengan tata nilai tersebut.
Pengetahuan
yang dimiliki manusia memang mampu dikembangkan,yang disebabkan dua hal
yakni:Pertama,manusia mempunyai bahasa yang mampu mengkomunikasikan informasi
dan jalan pikiran yang melatarbelakangi informasi tersebut.Pada binatang
misalnya,seekor beruk bisa saja memberikan informasi kepada kelompoknya bahwa
ada segerombolan gorila datang menyerang,namun bagaimana berkembang
bahasanya,dia tidak mampu mengkomunikasikan kepada beruk-beruk yang
lainnya.Kedua,yang menyebabkan manusia mampu mengembangkan pengetahuannya
dengan cepat dan mantap,adalah kemampuannya berfikir menurut suatu alur
kerangka berfikir tertentu.Secara garis besar cara berfikir seperti itu disebut
penalaran (pemikiran logis dan analitis).
Binatang
mampu berfikir namun tidak mampu berfikir nalar.Insting yang dimiliki
binatang jauh lebih peka dari insting
seorang insinyur geologi.Binatang sudah jauh-jauh berlindung ke tempat yang
aman sebelum gunung meletus,namun binatang tidak dapat menalar gejala tersebut
tentang mengapa gunung meletus,faktor apa yang menyebabkannya,apa yang dapat
dilakukan untuk mencegah semua itu terjadi.Kelebihan inilah yang memungkinkan
manusia mengembangkan pengetahuan yakni,bahasa yang bersifat komunikatif dan
pikiran yang mampu menalar namun memang tidak semua pengetahuan berasal dari
penalaran.
2.Pengetahuan
Non Ilmiah
Pengetahuan non ilmiah atau
dikenal SAINS SEMU (Pseudo science)
diperoleh terutaa dengan mengandalkan dugaan,perasaan,keyakinan,dan tanpa
diikuti proses pemikiran yang cermat.Oleh karenanya pencarian pengetahuan
dengan cara ini prosentase kebenarannya rendah.
Pada umumnya manusia melakukan
pendekatan terhadap suatu hal dengan melalui beberapa cara berikut ini:
a)
Mitos merupakan gabungan dari pengetahuan
dari pengamatan,pengalaman namun sebagian lainnya berupa dugaan,imajinasi dan
kepercayaan.Contoh mitos adalah cerita-cerita legenda.
b)
Wahyu merupakan komunikasi antara Sang
Pencipta dengan makhluknya dan merupakan substansi pengetahuan yang disampaikan
kepada utusanNya.Mempelajari wahyu diwajibkan oleh Sang Maha Pencipta untuk
memperdalam keyakinan kita akan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa pencipta alam
semesta.Dengan mempelajari wahyu atau ayat-ayat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa
baik yang tersurat (Kitab Suci Agama) maupun yan tersirat (Alam Semesta Beserta
Isinya),merupakan suatu kewajiban.Perilaku yang tidak boleh dilakukan adalah
mempertanyakan atau memperdebatkan wujud Zat dari Sang Maha Pencipta Tuhan Yang
Maha Esa sebagai pemilik wahyu.
c)
Otoritas dan tradisi merupakan
pengetahuan yang telah ada dan mapan sering digunakan oleh pemimpin atau secara
tradisi untuk menyatakan kebenaran.Sebagai contoh sampai abad pertengahan
manusia menganggap bumi adalah pusat dari alam semesta (Geosentris),sehingga
pada saat Copernicus menyatakan bahwa bumi bukan sebagai pusat alam semesta dan
hanya merupakan planet dari sistem tata surya (Heliosentris),maka penguasa dan
kepercayaan pada saat itu menolak dengan keras sampai-sampai Bruno pengikut
Copernicus dengan paham Heliosentrisnya serta penemuan-penemuan yang lain
sangat bertentangan dengan penguasa saat itu,dianggap kemasukan setan dan
dibakar mati pada tahun 1600.
d)
Prasangka merupakan dugaan yang
kemungkinannya benar atau mungkin juga salah.
e)
Intuisi,cara ini merupakan salah satu
kegiatan berfikire tertentu yang non anatik (tanpa nalar),tidak berdasarkan
pada pola pikir tertentu yang analitik rasional dan empiris,dan biasanya pendapat
tersebut diperoleh dengan cepat tanpa melalui proses yang dipikirkan terlebih
dahulu.
f)
Penemuan kebetulan.Beberapa pengetahuan
pada awalnya ditemukan secara kebetulan dan beberapa di antaranya adalah sangat
berguna sebagai contoh adalah penemuan obat kina sebagai obat malaria.
g)
Cara coba-coba (Trial And Error).Cara ini
merupakan serangkaian percobaan asal atau coba-coba saja yang tidak didasari
oleh teori yang ada sebelumnya,sehingga tidak memungkinkan diperolehnya
kepastian pemecahan suatu masalah atau hal yang diketahui.
Kendatipun kebenaran pengetahuan yang diperoleh melalui
beberapa cara di atas yang sifatnya pseudo science atau tidak bersifat
ilmiah,hal ini tidak berarti kebenaran tersebut tidak punya arti sama sekali.
3.Pengetahuan
Ilmiah (SCIENCE)
Pencarian pengetahuan dengan
cara ilmiah dilakukan berdasarkan pemikiran rasional,pengalaman empiris (fakta)
maupun referensi pengalaman sebelumnya.Pengetahuan yang diperoleh dengan
menggunakan cara atau metode ilmiah disebut ilmu.Artinya nanti dapat disebut
ilmu apabila memenuhi kriteria tersebut yaitu rasional dan empiris.
a.
Pengertian Ilmu Pengetahuan
Pengetahuan ilmiah atau ilmu pengetahuan atau ilmu,menurut
para ahli mempunyai pengertian sebagai berikut:
1) Ralph
Ross And Ernest Van Den Haag dalam bukunya ‘The Fabric Of Sosiety’ menulis
bahwa ilmu memiliki kriteria empiris,rasional,umum,komulatif,dan keempatnya
serempak terpenuhi.
2) Ashley
Montagu dalam bukunya ‘The Cultured Man’ menyebutkan bahwa ilmu pengetahuan
ialah pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari
pengalaman,studi dan percobaan yang telah dilakukan dipakai untuk menentukan
hakekat prinsip tentang hak yang sedang dipelajari.
3) V.Afayanev
dalam bukunya ‘Marxist Philosophy’ menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah
pengetahuan manusia tentang alam,masyarakat,dan pikiran.
4) Helmy
A.Kotto menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan yang
tersusun secara sistematik,konsisten dan berkesinambungan serta telah teruji
kebenarannya dan dapat diandalkan kegunaannya bagi manusia.
5) Dadang
Ahmad S. Menyebutkan bahwa ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan
(konstruksi) pengetahuan yang terus menerus sampai dapat menjelaskan fenomena
dan kebenaran alam itu sendiri.
6) Mappadjantji
Amien, merumuskan bahwa ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berawal dari
pengetahuan,bersumber dari wahyu,hati dan semesta yang memiliki paradigma,objek
pengamatan,metode dan media komunikasi membentuk sains baru dengan tujuan untuk
memahami semesta untuk memanfaatkannya dan menemukenali diri untuk menggali
potensi fitrawi guna mengenal Allah.
7) Syahruddin
Kasim menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pancaran hasil metabolisme
ragawi sebagai hidayah Sang Pencipta yang berasal dari proses interaksi
fenomena fitrawi melalui dimensi hati,akal,nafsu yang rasional,empirik dan
hakiki dalam menjelaskan hasanah alam semesta demi untuk menyempurnakan
tanggungjawab kekhalifaan.
Ilmu pengetahuan secara umum memiliki 3 fungsi yang paling
utama,yaitu:
1) Menjelaskan
2) Meramalkan
3) Mengendalikan
Tidak semua pengetahuan dapat disebut
ilmu,merupakan ilmu pengetahuan apabila cara mendapatkannya memenuhi syarat
yaitu:
1) Logis
atau masuk akal,yaitu sesuai dengan kaidah ilmu pengetahuan yang diakui
kebenarannya.
2) Objektif,yaitu
pengetahuan yang harus sesuai dengan objek dan didukung oleh fakta empiris.
3) Metodik,yaitu
pengetahuan dengan cara-cara tertentu yang teratur,dirancang,diamati,dan
terkontrol.
4) Sistematik,yaitu
pengetahuan yang tersusun dalam satu sistem yang satu dengan lainnya saling
berkaitan dan saling menjelaskan sehingga merupakan satu kesatuan yang utuh.
5) Berlaku
umum atau universal,yaitu pengetahuan yang berlaku untuk siapa saja dan dimana
saja yaitu dengan cara eksperimentasi yang sama,akan diperoleh hasil yang sama
atau konsisten.
6) Koomulatif
berkembang dan tentatif,yaitu khasanah ilmu pengetahuan selalu bertambah dengan
hadirnya ilmu pengetahuan baru.
Para ahli sejarah membagi sejarah perkembangan pengetahuan
manusia menjadi beberapa zaman,yaitu:
a) Zaman
purba,yaitu zaman yang ditandai dengan ditemukannya alat-alat yang terbuat dari
batu dan tulang-belulang.Pada masa ini manusia sudah mengetahui bagaimana cara
bertani dan berternak meskipun pengetahuannya masih terbatas.
b) Zaman
Yunani,yaitu zaman dimana manusia sudah memiliki kemampuan berfikir yang lebih
maju dibandingkan dari zaman purba.
c) Zaman
modern,yaitu zaman yang dimulai pada abad ke-15,banyak penemuannya yang
mengubah pola pikir sebelumnya terutama dengan penemuan empiris yang
didukung oleh alat bantu yang lebih
baik.
4.
Hubungan Antara Pengetahuan Dan Teknologi
Pada tahap awal teknologi berkembang dengan
menggunakan kaidah-kaidah atau pedoman dari pengalaman-pengalaman yang telah
dikumpulkan sehingga pada fase ini dapat dikatakan teknologi berjalan mandiri
tanpa hubungan dengan ilmu pengetahuan.
Pengembangan ilmu pengetahuan
didahului oleh penelitian dasar (kimia,biologi,fisika,dll) yang mengungkap
fenomena-fenomena alam menjadi produk ilmu pengetahuan yang bermanfaat secara
global atau umum.Penelitian dasar mempunyai kaitan yang erat dengan penelitian
terapan teknologi.Namun visi penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi dasarnya
sama yaitu untuk mensejahterahkan dan demi ketentraman manusia supaya hidup
lebih nyaman,sedangkan perbedaan pokok antara riset terapan adalah:
*RISET
DASAR:
1) rasa ingin tahu
2) bersifat mendasar
3) hasilnya dapat berdampak pada waktu jangka panjang
*RISET
TERAPAN:
1) Mempunyai orientasi tertentu
2) Bertujuan khusus memecahkan masalah
3) Hasilnya berdampak khusus,bermanfaat untuk
kepentingan jangka pendek.
*INTERAKSI
RISET DASAR-RISET TERAPAN
1) Saling mengimbas,saling
mengisi
2) Riset terapan yang
berkualitas memerlukan dukungan riset dasar
3) Riset dasar tanpa rangsangan
riset terapan kurang subur
Hubungan ilmu pengetahuan dan
teknologi dapat dikatakan terdapat hubungan langsung dan dapat juga dikatakan terdapat hubungan
tidak langsung.
*Hubungan
Langsung Di antaranya:
1) Pengetahuan
mengenai inti atom menghasilkan sumber energi baru yang kemudian dilanjutkan
penggunaannya untuk tenaga listrik yang
dikenal sebagai Pembangkit Listrik
Tenaga Nuklir (PLTN),juga untuk industri persenjataan bertenaga nuklir yang
sekarang sering dipermasalahkan antara satu negara dengan negara yang lain
seperti Korea Utara,Irak,Iran dengan Amerika Serikat dan Inggris.
2) Ditemukannya
sifat gelombang elektron,dimana penemuan ini dikembangkan dalam pembuatan
mikriskop elektron yang mempunyai daya pembesaran 20.000-30.000 kali sehingga
virus dan unsur kimia dapat dilihat.
3) Berkembangnya
ilmu kimia dan biologi yang dapat memanfaatkan organisme dalam skala industri
seperti industri minuman yughurt,bir,tempe,biogas,etanol,protein sel
tunggal,biokonversi senyawa kimia dan lain-lain.
*Hubungan
Tidak Langsung Misalnya:
1) Teknologi
arsitektur piramid di Mesir
2) Teknologi
bangunan purbakala seperti Candi Borobudur di Indonesia
3) Bangunan
Tembok Cina di Cina
4) Arsitektur
bangunan Menara Piza di Italia dan lain –lain
5) Keindahan
karya arsitektur bangunan masjid Al-Haramain di Arab Saudi.
Ilmu pengetahuan mempunyai peranan
penting dalam menunjang perkembangan teknologi.Selain contoh teknologi yang
berbentuk kecerdasan (bukan kebendaan) misalnya
adalah sistem penunjang proses pengambilan keputusan,paling tidak
diperlukan 4 unsur,yaitu:
1) Model
adalah suatu pengembangan permasalahan secara kuantatif.Model adalah simplikasi
suatu sistem yang menggambarkan keadaan sebenarnya.Ada signal yang perlu
diperhatikan dalam model,yaitu:
a. Realisme,yaitu
model yang dinyatakan dengan kalimat dan harus sesuai dengan konsep
yang diwakilinya.
b. General,yaitu
dapat digunakan dalam situasi yang berbeda
c. Kemampuan,yaitu
memiliki kemampuan meramalkan perubahan yang akan terjadi.
2) Kriteria
adalah persyaratan yang menggambarkan tujuan atau sasaran dalam pengambilan
keputusan.
3) Kendala
adalah faktor-faktor pembatas yang harus dipertimbangkan dalam desain atau
pengambilan keputusan.
4) Optimasi
adalah pencapain solusi terbaik apabila masalah tersebut telah dirumuskan dalam
bentuk model dengan memperhatikan sarana dan memperhitungkan kendala.
*Perkembangan
Sains Dan Teknologi
Perkembangan sains dan teknologi
dimulai masa lalu atau masa zaman batu sampai pada zaman sekarang.Pada zaman
dahulu transportasi hanya dilakukan
dengan jalan kaki atau berlari,kemudian berkembang menggunakan hewan seperti
kuda,dan lain-lain.Pekembangan kendaraan darat sangat cepat,mulai dari
kendaraan hewan seperti kuda,keledai,onta,gajah,kerbau,dan lain-lain,kemudian
berkembang sampai pada mobil,kereta api bahkan sampai pada pesawat yang
berkekuatan supersonik dengan kecepatan di atas 500 km/jam,perkembangan
transportasi laut dari perahu memakai tenaga manusia (dengan bantuan alat
dayung), perahu layar yang mengandalkan kekuatan angin,kapal berlayar sampai
pada kapal laut yang bermesin.
Hasil ilmu pengetahuan dan teknologi,contohnya banyak digunakan pada
alat-alat di bidang komunikasi antara lain:
a)
Percetakan (media cetak) sebagai alat
yang menggunakan media komunikasi antar instansi dan manusia,komunikasi massa
(koran,majalah,lesflet) bisa tersebar ke pelosok pedesaan.
b)
Rado (media elektronik) suatu alat
komunikasi dengan menggunakan gelombang radio yang dipancarkan melalui
pemancar.
c)
Televisi (media elektronik) suatu alat
komunikasi berupa suara dan gambar dimana arak sebagai penghalang tidak lagi
menjadi masalah.
d)
Satelit komuniasi : siaran radio dan
televisi dapat diterima pada waktu yang bersamaan ,tidak terhalang jarak.
e)
Tlepon : orang dapat berkomunikasi langsung
dengan orang lain tanpa batas jarak termasuk Hand Phone yang sekarang
berkembang pesat.
f)
Telegraf : suatu alat komunikasi jarak
jauh dengan waktu singkat.
g)
Internet : suatu alat komunikasi jarak
jauh dengan waktu singkat.
Kemajuan teknologi yang sangat pesat
berguna bagi kehidupan manusia adalah penemuan mesin yang diciptakan pertama
kali pada tahun 1712 oleh James Watt.Sampai sekarang banyak sekali
tipe-tipe,mesin yang telah digunakan manusia untukbermacam-macam kegunaan
antara lain:
a) Mesin
bakar bila mesin dicampur dengan udara,terpercik loncatan listrik sehingga
menimbulkan pembakaran,bensinerubah menjadi gas lalu gas akan menimbulkan
tekanan besar.
b) Mesin
diesel : sama seperti mesin bakar hanya bahan bakarnya solar atau campuran yang
sekarang dikenal dengan biosolar.
c) Mesin
uap : prinsip kerja mesin ini adalah dengan pemanasan air menjadi uap dimana
uap dengan molekul air semakin banyak akan menimbulkan tekanan lalu tekanan ini
diubah menjadi gerak atau tenaga.
d) Mesin
jet : bahan bakarnya dicampur di udara,dibakar dalam tabung pembakar,gas dan
panas yang timbul digunakan untuk menggerakkan mesin dan badan pesawat.
Perkembangan
ilmu pengatahuan dan teknologi yang kita rasakan saat ini juga mendukung dalam
penyediaan kebutuhan pokok
manusia.Kebutuhan pokok tersebut dapat berupa :
a)
Pangan merupakan kebutuhan utama manusia
dan tentunya aneka ragam yang dibutuhkan manusia agar hidup sehat dan sempurna seperti
masyarakat di pantai,kaum nelayan banyak memakan protein hewani (dari ikan).
b)
Sandang : ilmu dan teknologi telah
memberikan sumbangan yang sangat besar pada bidang sandang,seandainya tidak
maka mungkin kita masih hidup sebagaimana dijaman purba dimana manusia masih
menggunakan kulit kayu atau daun-daunan sebagai penutup tubuhnya.
c)
Papan : Burungitu membuat sarangnya
secara naluriah,berbeda dengan manusia yang oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa diberikan karunia dan
keunggulan berupa akal dan budi.Manusia dapat menggunakan akalnya untuk
menyempurnakan ruah tempat tinggalnya dari gua-gua alami ke pepohonan kemudian
berkembang menjadi rumah di atas tiang-tiang penyangga lalu rumah kayu yang
lebih disempurnakan dan lebih maju lagi menjulang tinggi di angkasa.
5.
Pengertian Teknologi
Secara etimologi,kata teknologi
berasal dari perpaduan dua buah akar kata yaitu ‘Techne atau ‘Techton’ dan
‘logops’, keduanya berasal dari bahasa Yunani.Akar kata yang pertama pada
mulanya berarti ‘keterampilan’ dengan arti yang sama dalam bahasa sansekerta
padanya disebut ‘taksan’ dan dalam bahsa Arab disebut ‘taskhir’ lalu dalam
bahasa latin disebut sepadan dengan kata ‘art’ (seni) yang kemudian digunakan
dalam bahasa inggris sebagai ‘fine art’.
Oleh karena itu ketika Plato
hendak menjelaskan tentang seniia menggunakan kedua kata dalam bahasa Yunani
‘techne’ seara ‘seni puitis’.Tidak heran sampai paa pertengahan abad ke-17 kata
“science” (sains) dari bahasa latin “scinetia”masih bersenyawa dengan seni yang
memiliki arti sebagai komunikasi puitis dari persepsi kreatif mengenai berita
atau cerita tentang ketertiban baru.Sedangkan kata yang kedua (logos) berarti
kata “pikiran” atau “alasan”.Perpaduan kedua akar kata “tekton”dan
“logos”tersebut menjadi
“teknologi”memiliki arti sebagai ilmu tentang keterampilan yang ada pada
mulanya yang memiliki keberhimpitan wilayah dengan wilayah seni dan wilayah
sains.
Definisi tentang teknologi yang
masih relavan dengan penggunaan pada masa kini adalah kecerdasan pengalaman
praktis dari pengetahuan tentang ketertiban alam semesta yang dapat mewujudkan
alam bentuk dunia kebendaan dan atau dunia kecerdasan sendiri.
6.
Perkembangan Teknologi
Teknologi berkembang di mulai
sejak dulu kala sampai sekarang,seiring dengan kemajuan peradaban manusia.Pada
awalnya teknologi hanya bersifat kebendaan dan berhubungan dengan tugas
eksploitasi dan pengolahan sumber daya alam berupa materi dan energi seperti
kapak,tombak,panah,dan peralatan lain,sedang cara-cara pembuatan rumah,perahu,alat-alat
rumah tangga,makanan,minuman,obat-obatan dan lain-lain sudah mulai bersfat
kebendaan dan kecerdasan.
Spektrum jenis teknologi
sekarang membentang dalam semua aspek kehidupan dan penghidupan manusia,apabila
diurutkan bentangan tersebut mencakup :
a)
Teknologi eksploitasi : berburu,menangkap
ikan,memetik,bertani,berternak,berbudidaya
b)
Teknologi pengolahan :
merebus,memanggang, fermentasi,melebur bahan,dan lain-lain
c)
Teknologi transportasi : menjinakkan
hewan liar,membuat rakit,perahu,kapal, mobil, pesawat udara, jalan, jembatan,
dan lain-lain.
d)
Teknologi kenyamanan : membuat
pakaian,pagar,perabot ruma,tungku pemanas,meramu obat-obatan,dan lain-lain.
e)
Teknologi peningkatan potensi manusia :
membuat peralatan berburu, petani, menangkap ikan, dan mempertahankan diri, dan
lain-lain.
Saat ini perkembangan teknologi berjalan dengan sangat
pesat baik dalam jumlah kuantitasnya, kualitas maupun pemanfaatannya pada
berbagai aspek dalam semesta ini.Oleh karena begitu pesatnya perkembangan
teknologi diberbagai aspek dan
kesemuanya itu dapat di dalami oleh mahasiswa dalam berbagai bidang dengan
mempelajari melalui rujukan terkait,maka pembahasan tentang pengembangan
teknologi pada pokok bahasan ini hanya difokuskan pada empat bidang saja yaitu:
a)
Teknologi material atau bahan, bermula
dari pidato Presiden Ronald Reagen tahun 1986 yang mengemukakan suatu usulan
tentang Orient Ekspress yang dapat lepas landas dari Washington dan terbang ke
Tokyo dalam waktu 2 jam.Untuk itulah berkaitan dengan rencana ini diusulkan dua
konsep yaitu :
-
Pengembangan pesawat Hypersonic (March 5)
-
Pengembangan pesawat supersonic (March 5)
yang lebih cepat dari Concord.
Pada tahun 1989 tim penilai dari departemen pertahanan
Amerika Serikat datang ke Jepang, setelah mereka melihat kondisi perkembangan
Teknologi Material di Jepang, mereka terperanjat dan kagum atas hasil yang
dicapai Jepang.Pantagon segera merencanakan untuk melakukan penelitian dengan
mengambil keuntungan yang dicapai oleh Jepang.Bahan yang dikembangkan oleh
Jepang adalah komposit yang terdiri atas serat karbon, plastik, logam, dan
keramik,.Di antaranya beberapa jenis komposit tersebut adalah :
PMC : Polymer matrix composite
MMC: Metal Matrix Composite
CMC : Ceramic Matrix Composite (Paduan Ti dan Al)
ACC : Advance Ceramic Composite ( Advance C-C), dan
lain-lain
b)
Nanoteknologi
1. Tinjauan
Umum Nanoteknologi
Secara filosofis
istilah Nanoteknologi adalah mendeskripsikan ilmu mengenai sistem serta
peralatan yang berproporsi nanometer.Satu nanometer sama dengan seperjuta
milimeter,sehingga karena ukurannya yang teramat kecil,maka tren dalam
nanoteknologi condong kepada pengembangan sistem yang dimulai dari bawah ke
atas (bukan dari atas ke bawah).Maksudnya para ilmuwa dan teknisi tidak
menggunakan materi berukuran besar lalu memotong-motongnya menjadi bagian yang
kecil-kecil,tapi menggunakan atom serta molekul berukuran nanometer sebagai
materi blok pebuatan atau sintesis yang fundamental untuk menghasilkan produk
yang lebih besar dan lebih efisien.
2. Rahasia
Dibalik Nanoteknologi
Nanoteknologi telah dianggap sebagai ilmu pengetahuan baru
di masa mendatang dengan inovasi terbarun di antaranya menggunakan partikel
mikro yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerut wajah,memperkokoh botol
kemasan,dan membersihkan pakaian tanpa air.
Nanoteknologi adalah
teknologi yang menggunakan skala nanometer,atau sepersemilyar meter,merupakan
teknologi berbasis pengelolaan materi berukuran nano atau satu per milyar meter
dan merupakan lompatan teknologi untuk mengubah dunia materi menjadi berbagai
bentuk atau model yang jauh lebih berharga dari sebelumnya.
3. Revolusi
Industri Di Bidang Nnanoteknologi
Para pendekar IPTEK
kembali meramalkan bahwa dalam periode yang sangat singkat dan dengan hitungan
beberapa tahun ke depan,diyakini akan terjadi revolusi industri kelima yang
berdampak luar biasa bagi kehidupan manusia saat ini,sebagaimana empat revolusi
industri yang terjadi 2 abad silam.Kalangan brilian itu seakan-akan berhujjah
bahwa revolusi kelima segera tercetus dari rahim nanoteknologi.
c)
Bioteknologi
Ilmu
bioteknologi merupakan salah satu bidang IPTEKS yang menjadi pusat penelitian
para ilmuwan,industriawan,bisnismen,politikus, maupun negarawan,terutama yang
berkaitan dengan kebijakan pengembangannya.Bioteknologi merupakan topik ilmiah
penting dalam beberapa tahun belakangan ini yang telah merangsang banyak
transformasi ilmu pengetahuan di bidang
kimia,pertanian,kedokteran,perikanan,kelautan,lingkungan,dan lain-lain.
d)
Pro dan Kontra Bioteknologi Kloning
Jika kloning gen dilakukan pada tumbuhan dapat memberikan
keuntungan yang lebih banyak,akan diperoleh tanaman baru dalam jumlah yang
lebih besar dalam waktu yang singkat dan dengan sifat yang identik atau sama
dengan induknya.Akibatnya akan dihasilkan keturunan yang unggul jika kloning
gen dilakukan dari induk yang unggul pula.Tumbuhan langka dapat diupayakan
bentuk konservasinya,bentuk agrobisnis tumbuhan dan hewan ternak juga dapat
diupayakan melalui teknologi kloning gen.
e)
Teknologi Informasi
Pemanfaatan
komputer pada saat ini sudah memasuki berbagai bidang kegiatan seperti :
pendidikan, sains, teknologi, seni, hukum, politik, perdagangan, pengobatan,
militer dan sebagainya.Komputer sudah tidak lagi hanya untuk kebutuhan
profesionl saja tetapi juga sudah merupakan kebutuhan atau penunjang kegiatan
masyarakat umum baik itu dalam kebutuhan sosial maupun penunjang studi.Kemajuan
yang sangat pesat ini ditunjang oleh begitu pesatnya pengembangan IPTEKS dan
khususnya produk-produk elektronika.
7.Dampak
Perkembangan Teknologi
Suatu kenyataan yang sudah
dinikmati manusia dalam kemajuan teknologi adalah kemakmuran,kemudahan dan
kenyamanan.Namun emikian keberadaan teknologi itu hanya membawa hal
positif,namun juga sisi negatifnya akan mengancam dan sulit untuk
dihindari.Inilah yang menyebabkan apa yang disebut dengan technostress yaitu
stress dalam berbagai bentuk.Stress yang erupa technoenteredness,yaitu stress
yang membuat orangpercaya sepenuhnya pada teknologi bahkan
didewa-dewakan,seakan teknologi adalah azimat dan merupakan jalan satu-satunya
menuju esejahteraan,kemakmuran dan keadilan.Teknologi dapat menimbulkan
masyarakat berwatak materialistis yang konsumtif.
-
Dampak Positif dan Negatif Teknologi
Ketika teknologi sudah
berada dalam kehidupan manusia,maka akan menemui hal-hal yang patut untuk
dicermati sebagai dampak penggunaan teknologi.Hal ini wajar,karena tidak
berkembang dalam daerah hampa udara namun berkembang dalam masyarakat.Jadi
teknologi akan mempengaruhi sistem ekonomi, sosial, politi, budaya dan
lingkungn hidup manusia.
a) Dampak
positif dan negatif teknologi pada sistim ekonomi
Perkembngan teknologi
sangat besar pengaruhnya alam pertumbuhan ekonomi suatu negara,bahkan teknologi
pula yang dijadikan indikator kemajuan suatu negara.Contohnya negara
Jepang,Ameriaka Serikat, Jerman, dan negara-negara maju lainnya,memiliki
perkembangan teknologi yang luar biasa pesat seiring dengan meningkatnya
pertumbuhan ekonominya.
Perkembangan ekonomi
menjdi lebih cepat apabila didukung oleh faktor kemajuan teknologi.Teknologi
merupakan langkah lanjut dari peranan barang, modal dan jasa untuk perkembangan
ekonomi.Makin canggih teknologi berarti makin tinggi efisiensi pertumbuhan
ekonomi suatu negara.
Namun demikian kemauan
teknologi tidak hanya memberikan dampak positif pada sistem ekonomi, dampak
negatifnya juga akan muncul secara bersamaan dengan perkembangan ekonomi.Hal
ini bahkan dapat menjurus kepada pemborosan sumber daya alam, meningkatnya
kriminalitas dan timbulnya berbagai masalah akibat semakin makmur serta makin
sejahteranya ekonomi suatu negara sementara di daerah atau negara lain malah
sebaliknya.
b) Dampak
positif dan negatif teknologi pada sistim sosial
Manusia sebagai salah
satu makhluk ciptaan Allah Yang Maha Kuasa,dikenal sebagai makhluk sosial yang
memiliki derajat yang paling
tinggi,berbudi dan berakal di antara makhluk-mahluk lain yang ada di planet
bumi.Manusia juga memiliki kelebihan lain,yaitu mempunyai otak yang volume
sekitar 1200-1500 cc,sehingga mempunyai kemampuan besar untuk belajar.
Perkembangan teknologi
juga mempunyai pengaruh positif yang pesat pada sistem sosial di masyarakat di
antaranya :
1. Meningkatnya
kesejahteraan masyarakat
2. Melindungi
keamanan dan ketertiban masyarakat
3. Menjaga
persatuan dan kesatuan wilayah
4. Melestarikan
sejarah bangsa
5. Meningatnya
karya-karya seni
c) Dampak
positif dan negatif teknologi pada kehidupan manusia
Teknologi merupakan
hasil karya manusia untuk dipakai sebagai bekal dalam menyesuaikan diri dengan
lingkungannya.Teknologi membantu aspek biologi pada manusia, di antaranya :
memperpanjang atau mengubah organ tubuh, memperkuat otot, menyambung indera,
mengubah tekstur rambut dan kulit, menstimulasi otak, dan lain-lain.
Berikut in beberapa
contoh dampak negatif teknologi pada manusia,yaitu :
1. Persegaran
dan pergantian manusia
2. Kebebasan terkekang
3. Kepribadian
terhimpit
4. Obyektivitas
manusia
5. Mentalitas
teknologi
6. Krisis
teknologi
7. Distorsi
biokultural
8. Nilai
etika dan moral bergeser
d) Dampak
positif dan negatif teknologi pada lingkungan
Seperti halnya dampak
negatifnya teknologi pada manusia maka dampak negatifnya terhadap lingkungan
sekarang menjadi semakin penting oleh karena semakin meluas,cepat dan
irrevesible.Berikut ini disampaikan beberapa dampak negatif teknologi terhadap
lingkungan.
1. Terkurasnya
sumber daya
2. Gangguan
iklim
3. Destabilisasi
dan dekompensasi lingkungan
4. Konsumsi
tinggi dan massal
5. Destruksi
dan kepunahan spesies hewan dan tumbuha
6. Pencemaran
lingkungan.
8.Pengertian
Seni
Siapapun mempunyai sensibilitas
keharuan dan siapapun memiliki getar hati yang dapat diiringi dengan genangan
dan linangan air mata keharuan yang merupakan puncak kebahagiaan dalam bentuk
immaterial.Peristiwa keharuan ini bukan murni wilayah intelektualitas dan
moralitas namun memiliki wilayah otoritas tersendiri yang disepakati seagai
manifestasi batin yang sekarang disebut sebagai seni.
Dalam kehiupan
sehari-hari,disadari atau tidak disadari kita tidak lepas dari seni.Konsepsi
seni melekat pada diri manusia dan seluruh aspek kehidupan manusia,bahkan lahirnya
seni selalu bersamaan dengan kebutuhan manusia.Karenanya gerak seni selalu
dinamis dan berkembang mengikuti laju perkembangan manusia dan zaman, sehingga
tak heran jika ada banyak sekali pengertian tentang seni di antaranya adalah :
a)
Schopenhauer berpendapat bahwa seni
adalah usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan.
b)
Sudarmadji berpandapat bahwa seni adalah
segala manifestasi batin dan pengalaman estatis dengan menggunakan media
garis,bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.
c)
Ensiklopedia Indonesia berpendapat bahwa
seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang
senang melihatnya, mendengarkan dan menikmatinya.
d)
Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa seni
adalah segala perbuatan manusia yang timbu dari hidup perasaannya dan bersifat
indah hingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia.
e)
Suwaji Bastomi berpendapat bahwa seni
adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang dinyatakan dalam bentuk
agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
f)
Wiyoso Yudoseputro berpendapat bahwa seni
adalah manifestasi artistik dari
interaksi kehidupan manusia dengan lingkungannya.
9.Fungsi
Seni
Dalam kehidupan manusia, seni
memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
a)
Seni untuk memenuhi kebutuhan individu
-
Kebutuhan fisik
Senjarah membuktikan
bahwa perkembangan seni selalu seiring dengan peradaban manusia.Sejak dulu
perabot rumah tangga atau benda-benda yang diciptakan manusia untuk memenuhi
kebutuhan sehari-hari, diciptakan dengan mempertimbangkan nilai seni.Misalnya,
perkembangan model kursi dari zaman Romawi, Dinasti Cina, Sampai gaya
kontemporer.
-
Kebutuhan emosional
Manusia juga mempunyai
kebutuhan emosional yang harus dipenuhi.Emosi seseorang muncul karena adanya
hubungan atau interaksi dengan orang lain atau sesuatu hal yang akhirnya
menimbulkan perasaan sedih, susah, gembira, dan sebagainya.Melalui seni
seseorang dapat mengungkapkan perasaan dan menyalurkan daya imajinasinya atau
menikmati seni tersebut untuk menghibur hatinya.Untuk itulah orang sering kali
melukis, membuat puisi, mendengarkan lagu atau menonton, semuanya sebagai
apresiasi seni.
b)
Seni untuk memenuhi kebutuhan sosial
-
Fungsi sosial seni di bidang agama
Pada bidang agama seni
dapat memiliki fungsi sosial terutama yang berkaitan dengan tempat
peribadatan.Faktor artistik pada tempat-tempat peribadatan sangat diperlukan,
salah satunya untuk memberi suasana sejuk, damai, indah, berwibawa, agung, suci
agar dapat membuat umat beragama lebih betah dan lebih nikmat untuk beribadah.
-
Fungsi sosial seni di bidang pendidikan
Setiap pemimpin selalu
berupaya dan mengharapkan masyarakat yang dipimpinannya mempunyai budi pekerti yang
luhur yang terpancar dari lubuk hati dengan penuh ketulusan.Salah satu cara
pencapaiannya adalah melalui pendidikan seni baik secara formal ataupun non
formal.
-
Fungsi sosial seni di bidang komunikasi
Proses interaksi
antara dua pihak baik antar manusia maupun antar manusia dengan lingkungannya,
dapat terjadi melalui komunikasi.Artinya pada umumnya orang yang berkomunikasi
menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi karena bahasa merupakan alat yang
paling sederhana dan mudah untuk dimengerti.Misalnya seni musik dapat
berkomunikasi melalui rangkaian nada yang indah,seni rupa dapat berkomunikasi
menyampaikan pesan-pesan alam maupun bentuk rupa benda yang dituangkan dalam
karyanya kepada semua orang, dan lain-lain.
-
Fungsi seni dan keindahan
Dalam kesibukan pekerjaan
rutinitas sehari-hari terkadang manusia diserang rasa jenuh, apalagi
seseorang yang bekerja dengan benda mati
sehingga tidak jarang orang mencari suasana baru demi untuk menyegarkan
diri.Salah satu caranya adalah mencari tempat rekreasi yang bernuansa
seni,misalnya di aam pedesaan yang hijau dan terbuka, di museum purbakala, di
tempat-tempat artistik atau dimana saja yang dapat membuat hati menjadi tentram
karena adanya sentuhan seni dari benda atau objek yang kita kunjungi.
BAB III
PENUTUP
*KESIMPULAN
Berdasarkan uraian pada
pembahasan di atas maka di dapat kesimpulan bahwa IPTEKS merupakan sarana yang
dapat membantu dan mempermudah segala aspek kehidupan bagi manusia.Namun dalam
penggunaannya perlu pengawasan yang ketat.Sebab IPTEKS selain memberi dampak
positif IPTEKS juga memberi dampak yang negatif apabila jatuh ke tangan yang
salah.
*SARAN
Demikianlah makalah yang kami
buat,kami harap setelah membaca makalah ini pembaca dapat menggali lebih dalam
untuk mencari ilmu pengetahuan dan teknolohi yang terbaru.Namun kritk dan saran
sangat diperlukan untuk lebih mengevaluasi dan membangun kreativitas kerja
kelompok kami.Terima kasih !
DAFTAR PUSTAKA
A.G.M.
Van Malsen, 1985, Ilmu Pengetahuan dan Tanggung Jawab Kita PT.Gramedia, Jakarta
Hudiyono,
PWS. S.2003. Perkembangan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Dirjen Dikti,
Depdiknas, Jakarta.
Hodoyono,
PWS. 2003.Perkembangan Teknologi,Dirjen Dikti.Depdiknas, Jakarta.
Jasin,
M.2000. Ilmu Alamiah Dasar. PT. Raja Grafindo, Jakarta.
Purwasasmita,
M. 2000. Konsep Teknologi. TPB ITB, Bandung.
Suriasumantri,
Jujun,. 2003. Filsafat Imu Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan,
Jakarta.
Jacob,
T. 1993. Manusia, Ilmu dan Teknologi, PT. Tiara Wacana, Yogyakarta.
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah kita
haturkan kepada Allah SWT Tuhan Yang
Maha Esa, yang telah menganugerahkan nikmat kekuatan, kesehatan dan kesempatan
kepada kita semua.Kami selaku kelompok II setelah mendengarkan dan menyimak
beberapa masukan dari beberapa pihak maka makalah IPTEKS dapat selesai sesuai
dengan waktu yang diberikan.
Kami berharap makalah IPTEKS ini
merupakan salah satu profil atau upaya untuk mempersiapkan profil kepribadian
lulusan UNHAS yang selalu mengedepankan nalar, bertakwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
memiliki pengetahuan yang luas pada perkembangan dunia IPTEKS secara utuh.
Kelompok II sebagai penyusun
makalah ini menyampaikan banyak terima kasih atas semua pihak yang telah
membantu hingga makalah ini dapat terselesaika.Namun saran dan kritikan kami
harapkan demi kelengkapan materi makalah kami.Akhirnya kami menyadari, dengan
keterbatasan yang kami miliki sebagai manusia biasa namun karena tugas ini
merupakan sutu kewajiban bagi setiap kelompok, maka tersusunlah hasil pemikiran
kami yang mungkin masih jauh dari kesempurnaan.Namun, semoga bermanfaat bagi
yang membacanya, Wassalam
Penyusun
Kelompok II
0 comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.