Monday, September 19, 2016

Eksplorasi Perikanan Tangkap WPP-RI 713


WPP-RI 713 meliputi perairan Selat Makasar, Teluk Bone, Laut Flores, dan Laut Bali WPPP laut Flores dan Selat Makassar, meliputi perairan bagian paling utara yaitu perairan laut Tarakan dan Nunukan sampai dengan bagian paling selatan yang terletak di bagian perairan barat Sulawesi selatan.

2. SDI Ikan dominan tertangkap di selat Makassar dan Bali:
NO.
N. INDONESIA
N. Ilmiah
N. Perdagangan
1.
Ikan Layang
Dechapterus ruselli
Malayan Half
2.
Ikan Kembung
Rastraliger sp.
Indo pacificmakerels
3.
Ikan Lemuru
Sardinella
Bali sardinella
3. WHEN? (Musim penangkapan) untuk ikan layang (Dechapterus ruselli) tergantung dari pola migrasinya. Pola migrasi ikan laying adalah musiman. Musim puncak ikan laying di pulau seribu terdapat pada akhir juni sampai awal juli dan untuk sulsel pada bulan November.
4. HOW? (METODE PENANGKAPAN) untuk menangkap ikan layang dapat menggunakan alat tangkap payang Langkah awal dalam operasi penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap payang yaitu dengan melakukan persiapan di darat atau praproduksi. Setelah itu menuju fishing ground setelah itu tentunya mengamati pergerkan ikan kemudian sampai pada Penurunan jaring dimulai (setting), tali selambar kiri (yang ujungnya diberi pelampung tambahan jerigen 30 liter dilepas dari tumpukan jaring kepermukaan air. itu diturunkan pelampung disusul bersamaan penurunan jaring, dan pemberat Sehingga bagian jaring mengikut turun, kapal bergerak terus sampai selesai sayap kiri disusul ujung belakang kantong dilempar keluar (supaya tidak kusut ) disusul dengan penurunan badan dan bossom jaring, kapal berjalan terus sambil membentuk lingkaran yang diikuti penurunan jaring bagian sayap kanan, sampai di ujung tali selambar kiri (depan yang telah diturunkan pertama kali), diujung tali selambar tersebut jangkar pengait dilemparkan ke dasar. Soaking time dalam pengoperasian payang tergantung proses pengoperasiannya, jika menggunakan lampu atau rumpon membutuhkan waktu menunggu (soaking time)ikan berkumpul disekitar rumpon, namun jika tidak menggunakan rumpon atau lampu melainkan dengan cara menduga-duga daerah yang banyak terdapat gerombolan ikan, maka tanpa soaking time. tingkat keberhasilan dalam peroses ini adalah kecepatan melingkari gerombolan ikan
Penarikan jaring (hauling) dilakukan dari sisi lambung kapal atau buritan kapal tanpa menggunakan mesin bantu penangkapan (fishing machinery) dan kedudukan kapal berlabuh jangkar atau kedudukan kapal terapung (drifting), agar tidak terjadi gerakan mundur kapal yang berlebihan, diupayakan kapal bergerak maju dengan kecepatan kapal lambat, sesuai beban/kecepatan penarikan payang(lampiran gambar 5). 
Pengangkatan jaring (brailing) Hasil tangkapan diangkat menggunakan tangan ke atas kapal kemudian di kelompokkan berdasarkan spesies– spesiesnya masing-masing dan di masukkan ke lambung kapal sebagai tempat sementara sebelum berlayar ke darat.jika BBM masih mencukupi dan keadaan cuaca mendukung dilakukan setting kembali. Setelah tiba di darat dilakukan pemasaran atau pelelangan.
5. HOW? (NELAYAN DARIMANA)
Yang melakukan penangkapan di laut Flores adalah nelayan dari Bulukumba, dan untuk teluk Bone adalah nelayan dari sulawesi barat


0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

lihat juga