Thursday, June 4, 2015

MAKALAH IPTEKS “Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni” terapan


MAKALAH IPTEKS


       “Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni”





BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kita tentu sudah sering mendengar kata Ilmu Pengetahuan,Teknologi  dan Seni atau yang sering disingkat dengan IPTEKS. IPTEKS merupakan tiga unsur utama kemajuan peradaban manusia yang sangat penting karena melalui kemajuan IPTEKS,manusia dapat mendayagunakan kekayaan dan lingkungan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa untuk menunjang kesejahteraan dan meningkatkan kualitas kehidupannya.
Ilmu pengetahuan dikembangkan dengan tujuan untuk mengetahui keberadaan beragam dunia,Teknologi ddikembangkan dengan tujuan untuk mengelola keberadaan beragam dunia dan Seni dikembangkan dengan tujuan untuk mengapresiasi (penghargaan terhadap sesuatu) keberadaan beragam dunia.Perkembangan ilmu pengetahuan,Teknologi dan Seni juga mendorong terjadinya era globalisasi kehidupan manusia karena manusia semakin mampu mengatasi dimensi jarak dan waktu dalam kehidupannya.. Namun di balik itu semua manusia menjadi malas melakukan semua aktivitasnya oleh karena semua kemudahan yang ada. Selain itu juga, sebagian besar manusia diberbagai belahan dunia belum mencicipi manfaat dari IPTEK tersebut. Sungguh sangat disayangkan sekali dimana sebagian orang sudah mendapatkan kebutuhannya dengan cepat sementara yang lainnya harus bersusah payah untuk mendapatkannya. Untuk itu sebagai mahasiswa kita perlu mengetahui lebih dalam tentang IPTEK agar kita bisa memanfaatkan untuk seluruh umat manusia.



B.      Rumusan Masalah

1)      Apakah konsep dari pengetahuan dan ilmu?

2)      Jelaskan pengetahuan tentang non ilmiah!

3)     Apakah yang dimaksud dengan pengetahuan ilmiah?

4) Apakah hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi?

5)  Bagaimana cara menerapkan ilmu pengetahuan ke dalam teknologi?

6)      Apakah yang dimaksud dengan teknologi?

7)      Bagaimanakah perkembangan teknologi?

8)      Apakah dampak positif dan dampak negatif dari teknologi?

9)      Jelaskan pengertian seni beserta fungsinya!



C.      Tujuan Penulisan

a)      Untuk  mengetahui konsep dari pengetahuan dan ilmu

b)      Untuk mengetahui pengetahuan tentang non ilmiah dan pengetahuan ilmiah

c)       Menjelaskan hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi

d)      Menjelaskan cara menerapkan ilmu pengetahuan ke dalam teknologi

e) Menjelaskan pengertian teknologi dan perkembangan teknologi

f)       Menjelaskan dampak positif dan negatif dari teknologi

g)      Menjelaskan pengertian seni beserta fungsi seni


BAB II
PEMBAHASAN

1.Konsep Pengetahuan dan Ilmu
Pada hakekatnya pengetahuan atau knowledge merupakan segenap apa yang kita ketahui tentang sesuatu obyek tertentu termasuk ke dalamnya adalah ilmu,sehingga ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yang diketahui oleh manusia.Bahkan seorang anak kecil pun telah mempunyai berbagai pengetahuan sesuai dengan tahap pertumbuhan dan tingkat kecerdasan otaknya.Seandainya seseorang berkata kepada kita bahwa dia tahu bagaimana caranya bermain gitar,maka seorang yangmungkin bertanya,apakah pengetahuan anda itu merupakan ilmu? Tentu saja dengan dia dapat menjawab bahwa pengetahuan bermain gitar itu bukanlah ilmu,melainkan berkaitan dengan seni yang ada kaitannya  dengan aspek psiko motorik dalam diri manusia.
Pengetahuan merupakan khasanah kekayaan mental yang secara langsung atau tidak langsung turut memperkaya kehidupan kita.Sukar untuk dibayangkan bagaimana kehidupan manusia jika seandainya pengetahuan itu tidak ada oleh karena pengetahuan merupakan sumber  jawaban bagi berbagai jawaban yang muncul dalam kehidupan.
Sebagai makhluk individu,manusia terdiri atas substansi bathin yang menginspirasi spirit dan mental,sedangkan substansi zahir akan berkaitan dengan insani dan ragawi.Keempat substansi tersebut akan melahirkan aspek transenden,idealita,sosialita dan populasi yang merupakan pembentuk tatanan suprastruktur dan inprastruktur dalam khasanah kolektivita dalam lingkungannya.Karenanya pola pikir yang akan dikembangkan sedapat mungkin melihat keterkaitan harmonisasi manusia sebagai makhluk individu sekaligus sebagai makhluk yang bermasyarkat dalam lingkungan yang lebih luas dan lebih besar.
Manusia memiliki kemampuan  memikirkan hal-hal baru atau menjelajah ufuk baru,karena manusia hidup bukan hanya sekedar untuk kelangsungan hidupnya namun lebih dari itu.Manusia itu dalam hidupnya mempunyai tujuan tertentu yang sangat mulia dan lebih tinggi dari sekedar kelangsungan hidupnya.Inilah yang menyebabkan  selalu berusaha mengembangkan pengetahuannya yang selanjutnya akan mendorong manusia untuk menjadi makhluk yang bersifat khas di muka bumi ini.Walaupun demikian manusia tetap memiliki keterbatasan dalam memahami sepenuhnya tentang sifat-sifat fenomena alam.Terkadang pula manusia saat merasa mampu mengontrol alam tiba-tiba segera disambut dengan bencana alam yang tidak terduga.Oleh karenanya diperlukan sikap yang tawadhu dengan penuh keikhlasan dalam mengeloa potensi diri untuk mengembagkan ilmu dan pengetahuan dan ini mutlak diperlukan.Artinya pengetahuan yang dikembangkan harus bersinergi dengan tata nilai yang berlaku dan akan kita kembangkan dan sedapat mungkin tidak bertentangan dengan tata nilai tersebut.
Pengetahuan yang dimiliki manusia memang mampu dikembangkan,yang disebabkan dua hal yakni:Pertama,manusia mempunyai bahasa yang mampu mengkomunikasikan informasi dan jalan pikiran yang melatarbelakangi informasi tersebut.Pada binatang misalnya,seekor beruk bisa saja memberikan informasi kepada kelompoknya bahwa ada segerombolan gorila datang menyerang,namun bagaimana berkembang bahasanya,dia tidak mampu mengkomunikasikan kepada beruk-beruk yang lainnya.Kedua,yang menyebabkan manusia mampu mengembangkan pengetahuannya dengan cepat dan mantap,adalah kemampuannya berfikir menurut suatu alur kerangka berfikir tertentu.Secara garis besar cara berfikir seperti itu disebut penalaran (pemikiran logis dan analitis).
Binatang mampu berfikir namun tidak mampu berfikir nalar.Insting yang dimiliki binatang  jauh lebih peka dari insting seorang insinyur geologi.Binatang sudah jauh-jauh berlindung ke tempat yang aman sebelum gunung meletus,namun binatang tidak dapat menalar gejala tersebut tentang mengapa gunung meletus,faktor apa yang menyebabkannya,apa yang dapat dilakukan untuk mencegah semua itu terjadi.Kelebihan inilah yang memungkinkan manusia mengembangkan pengetahuan yakni,bahasa yang bersifat komunikatif dan pikiran yang mampu menalar namun memang tidak semua pengetahuan berasal dari penalaran.

2.Pengetahuan Non Ilmiah
                Pengetahuan non ilmiah atau dikenal  SAINS SEMU (Pseudo science) diperoleh terutaa dengan mengandalkan dugaan,perasaan,keyakinan,dan tanpa diikuti proses pemikiran yang cermat.Oleh karenanya pencarian pengetahuan dengan cara ini prosentase kebenarannya rendah.
                Pada umumnya manusia melakukan pendekatan terhadap suatu hal dengan melalui beberapa cara berikut ini:
a)      Mitos merupakan gabungan dari pengetahuan dari pengamatan,pengalaman namun sebagian lainnya berupa dugaan,imajinasi dan kepercayaan.Contoh mitos adalah cerita-cerita legenda.
b)      Wahyu merupakan komunikasi antara Sang Pencipta dengan makhluknya dan merupakan substansi pengetahuan yang disampaikan kepada utusanNya.Mempelajari wahyu diwajibkan oleh Sang Maha Pencipta untuk memperdalam keyakinan kita akan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa pencipta alam semesta.Dengan mempelajari wahyu atau ayat-ayat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa baik yang tersurat (Kitab Suci Agama) maupun yan tersirat (Alam Semesta Beserta Isinya),merupakan suatu kewajiban.Perilaku yang tidak boleh dilakukan adalah mempertanyakan atau memperdebatkan wujud Zat dari Sang Maha Pencipta Tuhan Yang Maha Esa sebagai pemilik wahyu.
c)       Otoritas dan tradisi merupakan pengetahuan yang telah ada dan mapan sering digunakan oleh pemimpin atau secara tradisi untuk menyatakan kebenaran.Sebagai contoh sampai abad pertengahan manusia menganggap bumi adalah pusat dari alam semesta (Geosentris),sehingga pada saat Copernicus menyatakan bahwa bumi bukan sebagai pusat alam semesta dan hanya merupakan planet dari sistem tata surya (Heliosentris),maka penguasa dan kepercayaan pada saat itu menolak dengan keras sampai-sampai Bruno pengikut Copernicus dengan paham Heliosentrisnya serta penemuan-penemuan yang lain sangat bertentangan dengan penguasa saat itu,dianggap kemasukan setan dan dibakar mati pada tahun 1600.
d)      Prasangka merupakan dugaan yang kemungkinannya benar atau mungkin juga salah.
e)      Intuisi,cara ini merupakan salah satu kegiatan berfikire tertentu yang non anatik (tanpa nalar),tidak berdasarkan pada pola pikir tertentu yang analitik rasional dan empiris,dan biasanya pendapat tersebut diperoleh dengan cepat tanpa melalui proses yang dipikirkan terlebih dahulu.
f)       Penemuan kebetulan.Beberapa pengetahuan pada awalnya ditemukan secara kebetulan dan beberapa di antaranya adalah sangat berguna sebagai contoh adalah penemuan obat kina sebagai obat malaria.
g)      Cara coba-coba (Trial And Error).Cara ini merupakan serangkaian percobaan asal atau coba-coba saja yang tidak didasari oleh teori yang ada sebelumnya,sehingga tidak memungkinkan diperolehnya kepastian pemecahan suatu masalah atau hal yang diketahui.



Kendatipun kebenaran pengetahuan yang diperoleh melalui beberapa cara di atas yang sifatnya pseudo science atau tidak bersifat ilmiah,hal ini tidak berarti kebenaran tersebut tidak punya arti sama sekali.
3.Pengetahuan Ilmiah (SCIENCE)
                Pencarian pengetahuan dengan cara ilmiah dilakukan berdasarkan pemikiran rasional,pengalaman empiris (fakta) maupun referensi pengalaman sebelumnya.Pengetahuan yang diperoleh dengan menggunakan cara atau metode ilmiah disebut ilmu.Artinya nanti dapat disebut ilmu apabila memenuhi kriteria tersebut yaitu rasional dan empiris.
a.       Pengertian Ilmu Pengetahuan
Pengetahuan ilmiah atau ilmu pengetahuan atau ilmu,menurut para ahli mempunyai pengertian sebagai berikut:
1)      Ralph Ross And Ernest Van Den Haag dalam bukunya ‘The Fabric Of Sosiety’ menulis bahwa ilmu memiliki kriteria empiris,rasional,umum,komulatif,dan keempatnya serempak terpenuhi.
2)      Ashley Montagu dalam bukunya ‘The Cultured Man’ menyebutkan bahwa ilmu pengetahuan ialah pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengalaman,studi dan percobaan yang telah dilakukan dipakai untuk menentukan hakekat prinsip tentang hak yang sedang dipelajari.
3)      V.Afayanev dalam bukunya ‘Marxist Philosophy’ menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan manusia tentang alam,masyarakat,dan pikiran.
4)      Helmy A.Kotto menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematik,konsisten dan berkesinambungan serta telah teruji kebenarannya dan dapat diandalkan kegunaannya bagi manusia.
5)      Dadang Ahmad S. Menyebutkan bahwa ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan (konstruksi) pengetahuan yang terus menerus sampai dapat menjelaskan fenomena dan kebenaran alam itu sendiri.
6)      Mappadjantji Amien, merumuskan bahwa ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berawal dari pengetahuan,bersumber dari wahyu,hati dan semesta yang memiliki paradigma,objek pengamatan,metode dan media komunikasi membentuk sains baru dengan tujuan untuk memahami semesta untuk memanfaatkannya dan menemukenali diri untuk menggali potensi fitrawi guna mengenal Allah.
7)      Syahruddin Kasim menyatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pancaran hasil metabolisme ragawi sebagai hidayah Sang Pencipta yang berasal dari proses interaksi fenomena fitrawi melalui dimensi hati,akal,nafsu yang rasional,empirik dan hakiki dalam menjelaskan hasanah alam semesta demi untuk menyempurnakan tanggungjawab kekhalifaan.

Ilmu pengetahuan secara umum memiliki 3 fungsi yang paling utama,yaitu:
1)      Menjelaskan
2)      Meramalkan
3)      Mengendalikan


Tidak semua pengetahuan dapat disebut ilmu,merupakan ilmu pengetahuan apabila cara mendapatkannya memenuhi syarat yaitu:
1)      Logis atau masuk akal,yaitu sesuai dengan kaidah ilmu pengetahuan yang diakui kebenarannya.
2)      Objektif,yaitu pengetahuan yang harus sesuai dengan objek dan didukung oleh fakta empiris.
3)      Metodik,yaitu pengetahuan dengan cara-cara tertentu yang teratur,dirancang,diamati,dan terkontrol.
4)      Sistematik,yaitu pengetahuan yang tersusun dalam satu sistem yang satu dengan lainnya saling berkaitan dan saling menjelaskan sehingga merupakan satu kesatuan yang utuh.
5)      Berlaku umum atau universal,yaitu pengetahuan yang berlaku untuk siapa saja dan dimana saja yaitu dengan cara eksperimentasi yang sama,akan diperoleh hasil yang sama atau konsisten.
6)      Koomulatif berkembang dan tentatif,yaitu khasanah ilmu pengetahuan selalu bertambah dengan hadirnya ilmu pengetahuan baru.

Para ahli sejarah membagi sejarah perkembangan pengetahuan manusia menjadi beberapa zaman,yaitu:
a)      Zaman purba,yaitu zaman yang ditandai dengan ditemukannya alat-alat yang terbuat dari batu dan tulang-belulang.Pada masa ini manusia sudah mengetahui bagaimana cara bertani dan berternak meskipun pengetahuannya masih terbatas.
b)      Zaman Yunani,yaitu zaman dimana manusia sudah memiliki kemampuan berfikir yang lebih maju dibandingkan dari zaman purba.
c)       Zaman modern,yaitu zaman yang dimulai pada abad ke-15,banyak penemuannya yang mengubah pola pikir sebelumnya terutama dengan penemuan empiris yang didukung  oleh alat bantu yang lebih baik.
4. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Teknologi
                Pada  tahap awal teknologi berkembang dengan menggunakan kaidah-kaidah atau pedoman dari pengalaman-pengalaman yang telah dikumpulkan sehingga pada fase ini dapat dikatakan teknologi berjalan mandiri tanpa hubungan dengan ilmu pengetahuan.
                Pengembangan ilmu pengetahuan didahului oleh penelitian dasar (kimia,biologi,fisika,dll) yang mengungkap fenomena-fenomena alam menjadi produk ilmu pengetahuan yang bermanfaat secara global atau umum.Penelitian dasar mempunyai kaitan yang erat dengan penelitian terapan teknologi.Namun visi penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi dasarnya sama yaitu untuk mensejahterahkan dan demi ketentraman manusia supaya hidup lebih nyaman,sedangkan perbedaan pokok antara riset terapan adalah:
*RISET DASAR:
1) rasa ingin tahu
2) bersifat mendasar
3) hasilnya dapat berdampak pada waktu jangka panjang
*RISET TERAPAN:
1) Mempunyai orientasi tertentu
2) Bertujuan khusus memecahkan masalah
3) Hasilnya berdampak khusus,bermanfaat untuk kepentingan jangka pendek.
*INTERAKSI RISET DASAR-RISET TERAPAN
                1) Saling mengimbas,saling mengisi
                2) Riset terapan yang berkualitas memerlukan dukungan riset dasar
                3) Riset dasar tanpa rangsangan riset terapan kurang subur

                Hubungan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dikatakan terdapat hubungan langsung  dan dapat juga dikatakan terdapat hubungan tidak langsung.
*Hubungan Langsung Di antaranya:
1)      Pengetahuan mengenai inti atom menghasilkan sumber energi baru yang kemudian dilanjutkan penggunaannya  untuk tenaga listrik yang dikenal sebagai Pembangkit  Listrik Tenaga Nuklir (PLTN),juga untuk industri persenjataan bertenaga nuklir yang sekarang sering dipermasalahkan antara satu negara dengan negara yang lain seperti Korea Utara,Irak,Iran dengan Amerika Serikat dan Inggris.
2)      Ditemukannya sifat gelombang elektron,dimana penemuan ini dikembangkan dalam pembuatan mikriskop elektron yang mempunyai daya pembesaran 20.000-30.000 kali sehingga virus dan unsur kimia dapat dilihat.
3)      Berkembangnya ilmu kimia dan biologi yang dapat memanfaatkan organisme dalam skala industri seperti industri minuman yughurt,bir,tempe,biogas,etanol,protein sel tunggal,biokonversi senyawa kimia dan lain-lain.

*Hubungan Tidak Langsung Misalnya:
1)      Teknologi arsitektur piramid di Mesir
2)      Teknologi bangunan purbakala seperti Candi Borobudur di Indonesia
3)      Bangunan Tembok Cina di Cina
4)      Arsitektur bangunan Menara Piza di Italia dan lain –lain
5)      Keindahan karya arsitektur bangunan masjid Al-Haramain di Arab Saudi.

Ilmu pengetahuan mempunyai peranan penting dalam menunjang perkembangan teknologi.Selain contoh teknologi yang berbentuk kecerdasan (bukan kebendaan) misalnya  adalah sistem penunjang proses pengambilan keputusan,paling tidak diperlukan 4 unsur,yaitu:
1)      Model adalah suatu pengembangan permasalahan secara kuantatif.Model adalah simplikasi suatu sistem yang menggambarkan keadaan sebenarnya.Ada signal yang perlu diperhatikan dalam model,yaitu:
a.       Realisme,yaitu model yang dinyatakan dengan kalimat dan harus sesuai dengan  konsep  yang diwakilinya.
b.      General,yaitu dapat digunakan dalam situasi yang berbeda
c.       Kemampuan,yaitu memiliki kemampuan meramalkan perubahan yang akan terjadi.
2)      Kriteria adalah persyaratan yang menggambarkan tujuan atau sasaran dalam pengambilan keputusan.
3)      Kendala adalah faktor-faktor pembatas yang harus dipertimbangkan dalam desain atau pengambilan keputusan.
4)      Optimasi adalah pencapain solusi terbaik apabila masalah tersebut telah dirumuskan dalam bentuk model dengan memperhatikan sarana dan memperhitungkan kendala.

*Perkembangan Sains Dan Teknologi
                Perkembangan sains dan teknologi dimulai masa lalu atau masa zaman batu sampai pada zaman sekarang.Pada zaman dahulu transportasi  hanya dilakukan dengan jalan kaki atau berlari,kemudian berkembang menggunakan hewan seperti kuda,dan lain-lain.Pekembangan kendaraan darat sangat cepat,mulai dari kendaraan hewan seperti kuda,keledai,onta,gajah,kerbau,dan lain-lain,kemudian berkembang sampai pada mobil,kereta api bahkan sampai pada pesawat yang berkekuatan supersonik dengan kecepatan di atas 500 km/jam,perkembangan transportasi laut dari perahu memakai tenaga manusia (dengan bantuan alat dayung), perahu layar yang mengandalkan kekuatan angin,kapal berlayar sampai pada kapal laut yang bermesin.
                Hasil ilmu pengetahuan  dan teknologi,contohnya banyak digunakan pada alat-alat di bidang komunikasi antara lain:
a)      Percetakan (media cetak) sebagai alat yang menggunakan media komunikasi antar instansi dan manusia,komunikasi massa (koran,majalah,lesflet) bisa tersebar ke pelosok pedesaan.
b)      Rado (media elektronik) suatu alat komunikasi dengan menggunakan gelombang radio yang dipancarkan melalui pemancar.
c)       Televisi (media elektronik) suatu alat komunikasi berupa suara dan gambar dimana arak sebagai penghalang tidak lagi menjadi masalah.
d)      Satelit komuniasi : siaran radio dan televisi dapat diterima pada waktu yang bersamaan ,tidak terhalang jarak.
e)      Tlepon : orang dapat berkomunikasi langsung dengan orang lain tanpa batas jarak termasuk Hand Phone yang sekarang berkembang pesat.
f)       Telegraf : suatu alat komunikasi jarak jauh dengan waktu singkat.
g)      Internet : suatu alat komunikasi jarak jauh dengan waktu singkat.



Kemajuan teknologi yang sangat pesat berguna bagi kehidupan manusia adalah penemuan mesin yang diciptakan pertama kali pada tahun 1712 oleh James Watt.Sampai sekarang banyak sekali tipe-tipe,mesin yang telah digunakan manusia untukbermacam-macam kegunaan antara lain:
a)      Mesin bakar bila mesin dicampur dengan udara,terpercik loncatan listrik sehingga menimbulkan pembakaran,bensinerubah menjadi gas lalu gas akan menimbulkan tekanan besar.
b)      Mesin diesel : sama seperti mesin bakar hanya bahan bakarnya solar atau campuran yang sekarang dikenal dengan biosolar.
c)       Mesin uap : prinsip kerja mesin ini adalah dengan pemanasan air menjadi uap dimana uap dengan molekul air semakin banyak akan menimbulkan tekanan lalu tekanan ini diubah menjadi gerak atau tenaga.
d)      Mesin jet : bahan bakarnya dicampur di udara,dibakar dalam tabung pembakar,gas dan panas yang timbul digunakan untuk menggerakkan mesin dan badan pesawat.

Perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi yang kita rasakan saat ini juga mendukung dalam penyediaan kebutuhan  pokok manusia.Kebutuhan pokok tersebut dapat berupa :
a)      Pangan merupakan kebutuhan utama manusia dan tentunya aneka ragam yang dibutuhkan manusia  agar hidup sehat dan sempurna seperti masyarakat di pantai,kaum nelayan banyak memakan protein hewani (dari ikan).
b)      Sandang : ilmu dan teknologi telah memberikan sumbangan yang sangat besar pada bidang sandang,seandainya tidak maka mungkin kita masih hidup sebagaimana dijaman purba dimana manusia masih menggunakan kulit kayu atau daun-daunan sebagai penutup tubuhnya.
c)       Papan : Burungitu membuat sarangnya secara naluriah,berbeda dengan manusia yang oleh Allah SWT  Tuhan Yang Maha Kuasa diberikan karunia dan keunggulan berupa akal dan budi.Manusia dapat menggunakan akalnya untuk menyempurnakan ruah tempat tinggalnya dari gua-gua alami ke pepohonan kemudian berkembang menjadi rumah di atas tiang-tiang penyangga lalu rumah kayu yang lebih disempurnakan dan lebih maju lagi menjulang tinggi di angkasa.


5. Pengertian Teknologi
                Secara etimologi,kata teknologi berasal dari perpaduan dua buah akar kata yaitu ‘Techne atau ‘Techton’ dan ‘logops’, keduanya berasal dari bahasa Yunani.Akar kata yang pertama pada mulanya berarti ‘keterampilan’ dengan arti yang sama dalam bahasa sansekerta padanya disebut ‘taksan’ dan dalam bahsa Arab disebut ‘taskhir’ lalu dalam bahasa latin disebut sepadan dengan kata ‘art’ (seni) yang kemudian digunakan dalam bahasa inggris sebagai ‘fine art’.
                Oleh karena itu ketika Plato hendak menjelaskan tentang seniia menggunakan kedua kata dalam bahasa Yunani ‘techne’ seara ‘seni puitis’.Tidak heran sampai paa pertengahan abad ke-17 kata “science” (sains) dari bahasa latin “scinetia”masih bersenyawa dengan seni yang memiliki arti sebagai komunikasi puitis dari persepsi kreatif mengenai berita atau cerita tentang ketertiban baru.Sedangkan kata yang kedua (logos) berarti kata “pikiran” atau “alasan”.Perpaduan kedua akar kata “tekton”dan “logos”tersebut menjadi  “teknologi”memiliki arti sebagai ilmu tentang keterampilan yang ada pada mulanya yang memiliki keberhimpitan wilayah dengan wilayah seni dan wilayah sains.
                Definisi tentang teknologi yang masih relavan dengan penggunaan pada masa kini adalah kecerdasan pengalaman praktis dari pengetahuan tentang ketertiban alam semesta yang dapat mewujudkan alam bentuk dunia kebendaan dan atau dunia kecerdasan sendiri.

6. Perkembangan Teknologi
                Teknologi berkembang di mulai sejak dulu kala sampai sekarang,seiring dengan kemajuan peradaban manusia.Pada awalnya teknologi hanya bersifat kebendaan dan berhubungan dengan tugas eksploitasi dan pengolahan sumber daya alam berupa materi dan energi seperti kapak,tombak,panah,dan peralatan lain,sedang cara-cara pembuatan rumah,perahu,alat-alat rumah tangga,makanan,minuman,obat-obatan dan lain-lain sudah mulai bersfat kebendaan dan kecerdasan.

                Spektrum jenis teknologi sekarang membentang dalam semua aspek kehidupan dan penghidupan manusia,apabila diurutkan bentangan tersebut mencakup :
a)      Teknologi eksploitasi : berburu,menangkap ikan,memetik,bertani,berternak,berbudidaya
b)      Teknologi pengolahan : merebus,memanggang, fermentasi,melebur bahan,dan lain-lain
c)       Teknologi transportasi : menjinakkan hewan liar,membuat rakit,perahu,kapal, mobil, pesawat udara, jalan, jembatan, dan lain-lain.
d)      Teknologi kenyamanan : membuat pakaian,pagar,perabot ruma,tungku pemanas,meramu obat-obatan,dan lain-lain.
e)      Teknologi peningkatan potensi manusia : membuat peralatan berburu, petani, menangkap ikan, dan mempertahankan diri, dan lain-lain.

Saat ini perkembangan teknologi berjalan dengan sangat pesat baik dalam jumlah kuantitasnya, kualitas maupun pemanfaatannya pada berbagai aspek dalam semesta ini.Oleh karena begitu pesatnya perkembangan teknologi diberbagai  aspek dan kesemuanya itu dapat di dalami oleh mahasiswa dalam berbagai bidang dengan mempelajari melalui rujukan terkait,maka pembahasan tentang pengembangan teknologi pada pokok bahasan ini hanya difokuskan pada empat bidang saja yaitu:
a)      Teknologi material atau bahan, bermula dari pidato Presiden Ronald Reagen tahun 1986 yang mengemukakan suatu usulan tentang Orient Ekspress yang dapat lepas landas dari Washington dan terbang ke Tokyo dalam waktu 2 jam.Untuk itulah berkaitan dengan rencana ini diusulkan dua konsep yaitu :
-          Pengembangan pesawat Hypersonic (March 5)
-          Pengembangan pesawat supersonic (March 5) yang lebih cepat dari Concord.
Pada tahun 1989 tim penilai dari departemen pertahanan Amerika Serikat datang ke Jepang, setelah mereka melihat kondisi perkembangan Teknologi Material di Jepang, mereka terperanjat dan kagum atas hasil yang dicapai Jepang.Pantagon segera merencanakan untuk melakukan penelitian dengan mengambil keuntungan yang dicapai oleh Jepang.Bahan yang dikembangkan oleh Jepang adalah komposit yang terdiri atas serat karbon, plastik, logam, dan keramik,.Di antaranya beberapa jenis komposit tersebut adalah :
PMC : Polymer matrix composite
MMC: Metal Matrix Composite
CMC : Ceramic Matrix Composite (Paduan Ti dan Al)
ACC : Advance Ceramic Composite ( Advance C-C), dan lain-lain
b)      Nanoteknologi
1.       Tinjauan Umum Nanoteknologi
Secara filosofis istilah Nanoteknologi adalah mendeskripsikan ilmu mengenai sistem serta peralatan yang berproporsi nanometer.Satu nanometer sama dengan seperjuta milimeter,sehingga karena ukurannya yang teramat kecil,maka tren dalam nanoteknologi condong kepada pengembangan sistem yang dimulai dari bawah ke atas (bukan dari atas ke bawah).Maksudnya para ilmuwa dan teknisi tidak menggunakan materi berukuran besar lalu memotong-motongnya menjadi bagian yang kecil-kecil,tapi menggunakan atom serta molekul berukuran nanometer sebagai materi blok pebuatan atau sintesis yang fundamental untuk menghasilkan produk yang lebih besar dan lebih efisien.
2.       Rahasia Dibalik Nanoteknologi
Nanoteknologi  telah dianggap sebagai ilmu pengetahuan baru di masa mendatang dengan inovasi terbarun di antaranya menggunakan partikel mikro yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerut wajah,memperkokoh botol kemasan,dan membersihkan pakaian tanpa air.
Nanoteknologi adalah teknologi yang menggunakan skala nanometer,atau sepersemilyar meter,merupakan teknologi berbasis pengelolaan materi berukuran nano atau satu per milyar meter dan merupakan lompatan teknologi untuk mengubah dunia materi menjadi berbagai bentuk atau model yang jauh lebih berharga dari sebelumnya.
3.       Revolusi Industri Di Bidang Nnanoteknologi
Para pendekar IPTEK kembali meramalkan bahwa dalam periode yang sangat singkat dan dengan hitungan beberapa tahun ke depan,diyakini akan terjadi revolusi industri kelima yang berdampak luar biasa bagi kehidupan manusia saat ini,sebagaimana empat revolusi industri yang terjadi 2 abad silam.Kalangan brilian itu seakan-akan berhujjah bahwa revolusi kelima segera tercetus dari rahim nanoteknologi.


c)       Bioteknologi
Ilmu bioteknologi merupakan salah satu bidang IPTEKS yang menjadi pusat penelitian para ilmuwan,industriawan,bisnismen,politikus, maupun negarawan,terutama yang berkaitan dengan kebijakan pengembangannya.Bioteknologi merupakan topik ilmiah penting dalam beberapa tahun belakangan ini yang telah merangsang banyak transformasi ilmu pengetahuan di bidang kimia,pertanian,kedokteran,perikanan,kelautan,lingkungan,dan lain-lain.

d)      Pro dan Kontra Bioteknologi Kloning
Jika kloning gen dilakukan pada tumbuhan dapat memberikan keuntungan yang lebih banyak,akan diperoleh tanaman baru dalam jumlah yang lebih besar dalam waktu yang singkat dan dengan sifat yang identik atau sama dengan induknya.Akibatnya akan dihasilkan keturunan yang unggul jika kloning gen dilakukan dari induk yang unggul pula.Tumbuhan langka dapat diupayakan bentuk konservasinya,bentuk agrobisnis tumbuhan dan hewan ternak juga dapat diupayakan melalui teknologi kloning gen.


e)      Teknologi Informasi
Pemanfaatan komputer pada saat ini sudah memasuki berbagai bidang kegiatan seperti : pendidikan, sains, teknologi, seni, hukum, politik, perdagangan, pengobatan, militer dan sebagainya.Komputer sudah tidak lagi hanya untuk kebutuhan profesionl saja tetapi juga sudah merupakan kebutuhan atau penunjang kegiatan masyarakat umum baik itu dalam kebutuhan sosial maupun penunjang studi.Kemajuan yang sangat pesat ini ditunjang oleh begitu pesatnya pengembangan IPTEKS dan khususnya produk-produk elektronika.
7.Dampak Perkembangan Teknologi
                Suatu kenyataan yang sudah dinikmati manusia dalam kemajuan teknologi adalah kemakmuran,kemudahan dan kenyamanan.Namun emikian keberadaan teknologi itu hanya membawa hal positif,namun juga sisi negatifnya akan mengancam dan sulit untuk dihindari.Inilah yang menyebabkan apa yang disebut dengan technostress yaitu stress dalam berbagai bentuk.Stress yang erupa technoenteredness,yaitu stress yang membuat orangpercaya sepenuhnya pada teknologi bahkan didewa-dewakan,seakan teknologi adalah azimat dan merupakan jalan satu-satunya menuju esejahteraan,kemakmuran dan keadilan.Teknologi dapat menimbulkan masyarakat berwatak materialistis yang konsumtif.
-          Dampak Positif dan Negatif Teknologi
Ketika teknologi sudah berada dalam kehidupan manusia,maka akan menemui hal-hal yang patut untuk dicermati sebagai dampak penggunaan teknologi.Hal ini wajar,karena tidak berkembang dalam daerah hampa udara namun berkembang dalam masyarakat.Jadi teknologi akan mempengaruhi sistem ekonomi, sosial, politi, budaya dan lingkungn hidup manusia.
a)      Dampak positif dan negatif teknologi pada sistim ekonomi
Perkembngan teknologi sangat besar pengaruhnya alam pertumbuhan ekonomi suatu negara,bahkan teknologi pula yang dijadikan indikator kemajuan suatu negara.Contohnya negara Jepang,Ameriaka Serikat, Jerman, dan negara-negara maju lainnya,memiliki perkembangan teknologi yang luar biasa pesat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonominya.
Perkembangan ekonomi menjdi lebih cepat apabila didukung oleh faktor kemajuan teknologi.Teknologi merupakan langkah lanjut dari peranan barang, modal dan jasa untuk perkembangan ekonomi.Makin canggih teknologi berarti makin tinggi efisiensi pertumbuhan ekonomi suatu negara.
Namun demikian kemauan teknologi tidak hanya memberikan dampak positif pada sistem ekonomi, dampak negatifnya juga akan muncul secara bersamaan dengan perkembangan ekonomi.Hal ini bahkan dapat menjurus kepada pemborosan sumber daya alam, meningkatnya kriminalitas dan timbulnya berbagai masalah akibat semakin makmur serta makin sejahteranya ekonomi suatu negara sementara di daerah atau negara lain malah sebaliknya.
b)      Dampak positif dan negatif teknologi pada sistim sosial
Manusia sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah Yang Maha Kuasa,dikenal sebagai makhluk sosial yang memiliki derajat  yang paling tinggi,berbudi dan berakal di antara makhluk-mahluk lain yang ada di planet bumi.Manusia juga memiliki kelebihan lain,yaitu mempunyai otak yang volume sekitar 1200-1500 cc,sehingga mempunyai kemampuan besar untuk belajar.
Perkembangan teknologi juga mempunyai pengaruh positif yang pesat pada sistem sosial di masyarakat di antaranya :
1.       Meningkatnya kesejahteraan masyarakat
2.       Melindungi keamanan dan ketertiban masyarakat
3.       Menjaga persatuan dan kesatuan wilayah
4.       Melestarikan sejarah bangsa
5.       Meningatnya karya-karya seni
c)       Dampak positif dan negatif teknologi pada kehidupan manusia
Teknologi merupakan hasil karya manusia untuk dipakai sebagai bekal dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya.Teknologi membantu aspek biologi pada manusia, di antaranya : memperpanjang atau mengubah organ tubuh, memperkuat otot, menyambung indera, mengubah tekstur rambut dan kulit, menstimulasi otak, dan lain-lain.
Berikut in beberapa contoh dampak negatif teknologi pada manusia,yaitu :
1.       Persegaran dan pergantian manusia
2.       Kebebasan  terkekang
3.       Kepribadian terhimpit
4.       Obyektivitas manusia
5.       Mentalitas teknologi
6.       Krisis teknologi
7.       Distorsi biokultural
8.       Nilai etika dan moral bergeser
d)      Dampak positif dan negatif teknologi pada lingkungan
Seperti halnya dampak negatifnya teknologi pada manusia maka dampak negatifnya terhadap lingkungan sekarang menjadi semakin penting oleh karena semakin meluas,cepat dan irrevesible.Berikut ini disampaikan beberapa dampak negatif teknologi terhadap lingkungan.
1.       Terkurasnya sumber daya
2.       Gangguan iklim
3.       Destabilisasi dan dekompensasi lingkungan
4.       Konsumsi tinggi dan massal
5.       Destruksi dan kepunahan spesies hewan dan tumbuha
6.       Pencemaran lingkungan.

8.Pengertian Seni
                Siapapun mempunyai sensibilitas keharuan dan siapapun memiliki getar hati yang dapat diiringi dengan genangan dan linangan air mata keharuan yang merupakan puncak kebahagiaan dalam bentuk immaterial.Peristiwa keharuan ini bukan murni wilayah intelektualitas dan moralitas namun memiliki wilayah otoritas tersendiri yang disepakati seagai manifestasi batin yang sekarang disebut sebagai seni.
                Dalam kehiupan sehari-hari,disadari atau tidak disadari kita tidak lepas dari seni.Konsepsi seni melekat pada diri manusia dan seluruh aspek kehidupan manusia,bahkan lahirnya seni selalu bersamaan dengan kebutuhan manusia.Karenanya gerak seni selalu dinamis dan berkembang mengikuti laju perkembangan manusia dan zaman, sehingga tak heran jika ada banyak sekali pengertian tentang seni di antaranya adalah :
a)      Schopenhauer berpendapat bahwa seni adalah usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan.
b)      Sudarmadji berpandapat bahwa seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estatis dengan menggunakan media garis,bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.
c)       Ensiklopedia Indonesia berpendapat bahwa seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya, mendengarkan dan menikmatinya.
d)      Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa seni adalah segala perbuatan manusia yang timbu dari hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia.
e)      Suwaji Bastomi berpendapat bahwa seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang dinyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
f)       Wiyoso Yudoseputro berpendapat bahwa seni adalah manifestasi artistik  dari interaksi kehidupan manusia dengan lingkungannya.


9.Fungsi Seni
                Dalam kehidupan manusia, seni memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
a)      Seni untuk memenuhi kebutuhan individu
-          Kebutuhan fisik
Senjarah membuktikan bahwa perkembangan seni selalu seiring dengan peradaban manusia.Sejak dulu perabot rumah tangga atau benda-benda yang diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, diciptakan dengan mempertimbangkan nilai seni.Misalnya, perkembangan model kursi dari zaman Romawi, Dinasti Cina, Sampai gaya kontemporer.
-          Kebutuhan emosional
Manusia juga mempunyai kebutuhan emosional yang harus dipenuhi.Emosi seseorang muncul karena adanya hubungan atau interaksi dengan orang lain atau sesuatu hal yang akhirnya menimbulkan perasaan sedih, susah, gembira, dan sebagainya.Melalui seni seseorang dapat mengungkapkan perasaan dan menyalurkan daya imajinasinya atau menikmati seni tersebut untuk menghibur hatinya.Untuk itulah orang sering kali melukis, membuat puisi, mendengarkan lagu atau menonton, semuanya sebagai apresiasi seni.
b)      Seni untuk memenuhi kebutuhan sosial
-          Fungsi sosial seni di bidang agama
Pada bidang agama seni dapat memiliki fungsi sosial terutama yang berkaitan dengan tempat peribadatan.Faktor artistik pada tempat-tempat peribadatan sangat diperlukan, salah satunya untuk memberi suasana sejuk, damai, indah, berwibawa, agung, suci agar dapat membuat umat beragama lebih betah dan lebih nikmat untuk beribadah.
-          Fungsi sosial seni di bidang pendidikan
Setiap pemimpin selalu berupaya dan mengharapkan masyarakat yang dipimpinannya mempunyai budi pekerti yang luhur yang terpancar dari lubuk hati dengan penuh ketulusan.Salah satu cara pencapaiannya adalah melalui pendidikan seni baik secara formal ataupun non formal.
-          Fungsi sosial seni di bidang komunikasi
Proses interaksi antara dua pihak baik antar manusia maupun antar manusia dengan lingkungannya, dapat terjadi melalui komunikasi.Artinya pada umumnya orang yang berkomunikasi menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi karena bahasa merupakan alat yang paling sederhana dan mudah untuk dimengerti.Misalnya seni musik dapat berkomunikasi melalui rangkaian nada yang indah,seni rupa dapat berkomunikasi menyampaikan pesan-pesan alam maupun bentuk rupa benda yang dituangkan dalam karyanya kepada semua orang, dan lain-lain.
-          Fungsi seni dan keindahan
Dalam kesibukan pekerjaan rutinitas sehari-hari terkadang manusia diserang rasa jenuh, apalagi seseorang  yang bekerja dengan benda mati sehingga tidak jarang orang mencari suasana baru demi untuk menyegarkan diri.Salah satu caranya adalah mencari tempat rekreasi yang bernuansa seni,misalnya di aam pedesaan yang hijau dan terbuka, di museum purbakala, di tempat-tempat artistik atau dimana saja yang dapat membuat hati menjadi tentram karena adanya sentuhan seni dari benda atau objek yang kita kunjungi.











BAB III
PENUTUP
*KESIMPULAN
                Berdasarkan uraian pada pembahasan di atas maka di dapat kesimpulan bahwa IPTEKS merupakan sarana yang dapat membantu dan mempermudah segala aspek kehidupan bagi manusia.Namun dalam penggunaannya perlu pengawasan yang ketat.Sebab IPTEKS selain memberi dampak positif IPTEKS juga memberi dampak yang negatif apabila jatuh ke tangan yang salah.

*SARAN
                Demikianlah makalah yang kami buat,kami harap setelah membaca makalah ini pembaca dapat menggali lebih dalam untuk mencari ilmu pengetahuan dan teknolohi yang terbaru.Namun kritk dan saran sangat diperlukan untuk lebih mengevaluasi dan membangun kreativitas kerja kelompok kami.Terima kasih !
















DAFTAR PUSTAKA
A.G.M. Van Malsen, 1985, Ilmu Pengetahuan dan Tanggung Jawab Kita PT.Gramedia, Jakarta
Hudiyono, PWS. S.2003. Perkembangan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Dirjen Dikti, Depdiknas, Jakarta.
Hodoyono, PWS. 2003.Perkembangan Teknologi,Dirjen Dikti.Depdiknas, Jakarta.
Jasin, M.2000. Ilmu Alamiah Dasar. PT. Raja Grafindo, Jakarta.
Purwasasmita, M. 2000. Konsep Teknologi. TPB ITB, Bandung.
Suriasumantri, Jujun,. 2003. Filsafat Imu Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
Jacob, T. 1993. Manusia, Ilmu dan Teknologi, PT. Tiara Wacana, Yogyakarta.


















KATA PENGANTAR

                Syukur Alhamdulillah kita haturkan kepada Allah SWT  Tuhan Yang Maha Esa, yang telah menganugerahkan nikmat kekuatan, kesehatan dan kesempatan kepada kita semua.Kami selaku kelompok II setelah mendengarkan dan menyimak beberapa masukan dari beberapa pihak maka makalah IPTEKS dapat selesai sesuai dengan waktu yang diberikan.
                Kami berharap makalah IPTEKS ini merupakan salah satu profil atau upaya untuk mempersiapkan profil kepribadian lulusan UNHAS yang selalu mengedepankan nalar, bertakwa  dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki pengetahuan yang luas pada perkembangan dunia IPTEKS secara utuh.
                Kelompok II sebagai penyusun makalah ini menyampaikan banyak terima kasih atas semua pihak yang telah membantu hingga makalah ini dapat terselesaika.Namun saran dan kritikan kami harapkan demi kelengkapan materi makalah kami.Akhirnya kami menyadari, dengan keterbatasan yang kami miliki sebagai manusia biasa namun karena tugas ini merupakan sutu kewajiban bagi setiap kelompok, maka tersusunlah hasil pemikiran kami yang mungkin masih jauh dari kesempurnaan.Namun, semoga bermanfaat bagi yang membacanya, Wassalam



                                                                                                                Penyusun

              Kelompok II









0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

lihat juga